Judul Buku: Siapakah Bangsa Rum yang Dimaksud Oleh Rasulullah?
Kontributor: Bunyamin Azh Zhahiri
Genre Buku: Politik
Penerbit: Maktabah Darul Islam
Publikasi: 08 Oct 2018 20:36
Total dilihat: 420

Siapakah Bangsa Rum yang Dimaksud Oleh Rasulullah?

download buku siapakah bangsa rum yang dimaksud oleh Rasulullah

Rabb kita Subhana wa Ta'ala berfirman,
ﻟﻘﺪ ﻛﺎﻥ ﻗﻲ ﻗﺼﺼﻬﻢ ﻋﺒﺮﺓ ﻷﻭﻟﻰ ﭐﻷ ﻟﺒﺐ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﺣﺪﻳﺜﺎ ﻳﻔﺘﺮﻯ ﻭ ﻟﻜﻦ ﺗﺼﺪﻳﻖ ﭐﻟﺬﻯ ﺑﻴﻦ ﻳﺪﻳﻪ ﻭ ﺗﻔﺼﻴﻞ ﻛﻞ ﺷﻰﺀ ﻭﻫﺪﻯ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﻟﻘﻮﻡ ﻳﺆﻣﻨﻮﻥ
"Sungguh pada kisah-kisah mereka terdapat pelajaran bagi mereka yang memiliki akal. (Al Qur'an itu) bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.
(QS. Yusuf [12]: 111)

Amma ba'du;

Bahwa sesungguhnya al marhalah adalah cermin di masa lalu dan pelajaran bagi masa depan. Oleh karena itu, al marhalah berisi berita-berita penting rekam jejak kegemilangan dan kejatuhan suatu peradaban. Hal ini penting untuk dipelajari, dicermati, dan dianalisis sebagai bahan pelajaran guna memahami arah masa depan. Salah satu yang perlu kita cermati dan pahami adalah peradaban Romawi, yang kemudian terpecah menjadi Byzantium Timur dan Barat-Latin.

Wa ba'd;

Bahwa peradaban Ar Rum itu terkondisi menjadi lima fase, yakni Romawi Kuno (The Darkness), era At Tauhid, era Kekristenan, Perpecahan (The Great Schism), dan era Penyatuan Kembali. Adapun tulisan saya kali ini membahas era awal peradaban Romawi hingga era Rukusiyyah di masa Konstantinus. Antara Fase Romawi Kuno hingga era Kekristenan disinkretis telah berusia sekitar 2000 tahun lebih, namun terdapat satu benang merah yang menghubungkannya, yakni Rakusiyyah. Inilah sebuah firkah yang muncul buah kebijakan yang mensinkretis ajaran dan ritual Paganisme Kaum Sabi'ah dengan millah Nashrani 'Isa bin Maryam 'alaihi salam. Hal ini dapat dipahami dari ucapan Nabi kita shalallahu'alaihi wa salam kepada Raja Banu Thayyi, yakni sahabat 'Adi bin Hatim Ath Thai.
ﻗﺎﻝ : ﻳﺎ ﻋﺪﻱ ﺑﻦ ﺣﺎﺗﻢ ﺃﺳﻠﻢ ﺗﺴﻠﻢ . ﺛﻼﺛﺔ . ﻗﻠﺖ : ﺇﻧﻲ ﻋﻠﻰ ﺩﻳﻦ, ﻗﺎﻝ : ﺃﻧﺎ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺪﻳﻨﻚ ﻣﻨﻚ ﻓﻘﻠﺖ : ﺃﻧﺖ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺪﻳﻨﻰ ﻣﻨﻲ؟ ! ﻗﺎﻝ : ﻧﻌﻢ . ﺃﻟﺴﺖ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻛﻮﺳﻴﺔ, ﻭ ﺃﻧﺖ ﺗﺄﻛﻞ ﻣﺮﺑﺎﻉ ﻗﻮﻣﻚ؟ ﻗﻠﺖ : ﺑﻠﻰ . ﻗﺎﻝ : ﻫﺬﺍ ﻻ ﻳﺤﻞ ﻟﻚ ﻓﻲ ﺩﻳﻚ . ﻗﺎﻝ : ﻧﻌﻢ .
""Wahai, 'Adi bin Hatim, masuklah Islam, kau selamat." (Diucapkan Nabi tiga kali) 'Adi berkata, "Aku sudah beragama." Beliau berkata, "Sesungguhnya aku lebih tahu tentang agamamu." 'Adi berkata, "Engkau lebih tahu?!" Beliau menjawab, "Iya, bukankah engkau termasuk Rakusi? Makan dari mirba kaummu?" 'Adi menjawab, "Benar." Beliau menjawab, "Itu tidak dibolehkan dalam agamamu." 'Adi menjawab, "Iya.""
Keterangan:
Mirba adalah ganimah yang mana seperempatnya diserahkan kepada penguasa Nashrani dan sisanya sebagai harta bersama yang pembagian dan pengunaannya juga diatur oleh penguasa.
(Musnad Imam Ahmad dari Musnad penduduk Kufah dari Yazid, dari Hisyam bin Hassan, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu 'Ubaidah, yakni Ibnu Huzaifah dari seorang laki-laki dari 'Adi bin Hatim Ath Thai) Selengkapnya.

Unduh di sini


[ID] Bunyamin Azh Zhahiri - Siapakah Bangsa Rum yang Dimaksud Oleh Rasulullah?
AdFly - LinkShrink

Kami telah mencoba banyak filehosting dan hanya WapBlog.ID dan Solidfiles (tanpa sign up) yang mendukung perangkat kami. Untuk ukuran 0MB-2MB kami menggunakan WB, 2MB-3.5MB kami menggunakan SF, dan untuk di atasnya kami menambahkan URL shortener. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Link error hubungi admin.