Judul Buku: Jejak Pemikiran Takfiri Al Hazimi
Kontributor: DhaniFakhruddin
Genre Buku: Akidah
Penerbit: Maktabah Darul Islam
Publikasi: 01 Oct 2018 16:49
Total dilihat: 141

Jejak Pemikiran Takfiri Al Hazimi

pdf download buku jejak takfiri hazimi

Masih ingatkah dengan kasus yang terjadi beberapa bulan lalu berkaitan dengan masalah takfir ekstrem? Ya, takfir ekstrem hingga level tiga yang digaungkan oleh Syaikh Ahmad bin 'Umar Al Hazimi. Kasus ini pun menyebabkan perpecahan di kalangan intern Negara Islam karena ada beberapa ulamanya yang berpendapat demikian. Hal ini bertentangan dengan pendapat Syaikh Turki Al Bin'ali, mantan murid Syaikh Al Maqdisi yang menjadi ulama Negara Islam.

Syaikh Turki Al Bin'ali sendiri berpendapat tidak ada alasan (uzur) atas kekafiran karena syirik akbar. Artinya, ahli kiblat atau orang yang telah bersyahadat lalu melakukan syirik akbar, seperti berdoa kepada mayit di kuburan, maka ia telah kafir. Namun, mantan murid Syaikh Abu Muhammad Al Maqdisi ini tidak mengafirkan orang yang memberi uzur pelaku syirik akbar karena ketidaktahuan. Pendapat inilah yang kemudian menuai kontra. Pada akhirnya, ada dua kubu yang berbeda pendapat dalam masalah kafir tidaknya pemberi uzur pelaku syirik akbar ini:
1. Kelompok pertama mengafirkan orang yang memberi uzur (tidak mengafirkan dengan alasan tertentu) pelaku syirik akbar. Kemudian, orang yang tidak mengafirkan orang yang memberi udzur pelaku syirik akbar tersebut juga divonis kafir oleh kelompok ini. Jadi, ini merupakan kekafiran berantai sampai tiga tingkatan. Kelompok inilah yang dikuatkan oleh Syaikh Ahmad Al Hazimi yang dikenal sebagai ulama asal 'Arab Sa'udi.
2. Kelompok kedua tidak menerima alasan (uzur) bagi pelaku syirik, namun tidak mengafirkan orang yang memberi uzur (tidak mengafirkan dengan alasan tertentu) pelaku syirik. Kelompok ini dikuatkan oleh Syaikh Turki Al Bin'ali. (Maksudnya pro Syaikh Turki Al Bin'ali menolak uzur jahil, tapi memberikan uzur jahil hakikat/hal).

Beberapa hal yang membuat rasa penasaran adalah identitas Syaikh Ahmad bin 'Umar Al Hazimi. Sebenarnya ia dikenal sebagai ulama Salafi Sa'udi yang unggul dalam ilmu bahasa dan ulumuddin. Namun, sungguh mengherankan jika ia mempunyai pemahaman takfir yang begitu ekstrem. Sebenarnya siapakah ia? Dan bagaimana fase pemikiran ghuluw fi takfir yang ia pahami? Selengkapnya.

Unduh di sini


[ID] Dhani & Fakhruddin - Jejak Pemikiran Takfiri Al Hazimi
SolidFiles

Kami telah mencoba banyak filehosting dan hanya WapBlog.ID dan Solidfiles (tanpa sign up) yang mendukung perangkat kami. Untuk ukuran 0MB-2MB kami menggunakan WB, 2MB-3.5MB kami menggunakan SF, dan untuk di atasnya kami menambahkan URL shortener. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Link error hubungi admin.